Home » » Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandaran

Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandaran

Posted by Anita on Kamis, 15 September 2016

Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandatan

Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandaran (CA dan TWA) merupakan dua lokasi wisata yang berada di satu tempat. Cagar Alam terletak di bagian selatan Taman Wisata alam Pangandaran, merupakan hamparan pegunungan berbentuk tanjung (menjolok ke laut), merupakan hutan lindung dengan berbagai pepohonan endemik yang dilindungi. Terdapat pula berbagai hewan liar yang senganja dibiarkan hidup disini seperti banteng, kelelawar, rusa dll

Cagar Alam mempunyai wilayah yang lebih luas dari Taman Wisata alam, selain menjadi tempat tujuan wisata, tempat ini juga merupakan alat perlindungan alami masyarakat pangandaran dan sekitarnya dari kencangnya angin yang bertiup dari laut (arah selatan) dan melindungi dari bencana alam lainnya seperti badai, gelombang bersar dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut buka: Cagar Alam Dan Taman Wisata Alam Pangandaran

Sedangkan Taman Wisata Alam Pangandaran merupakan sebagian kecil dari Cagar Alam pangandaran. Di tempat ini banyak sekali tempat tempat penting berupa si situs sejarah (batu khalde, goa jepang, goa Nyi Rengganis dll), goa alam ( Goa panggung, Goa Parat, Goa sumur mudal, Goa rengganis). Baca Juga : 7 Goa di Taman Wisata alam Pangandaran . Beberapa goa diatas mempunyai keunikan struktur berupa stalakmit dan stalaktit, sehingga sangat wajar apabila dari dulu Taman Wisata Pangandaran begitu fenomenal, sampai sampa beberapa lokasi tersebut sampai saat ini dijadikan tempat faforit untuk pembuatan beberapa film Nasional.

Selain goa sejarah dan goa alam, di tempat ini juga terdapat beberapa jenis hewan baik yang dilindungi maupun tidak dilindung seperti: kera, banteng, lutung, landak, biyawak, kelelawar dan lain-lain.


Di tempat ini juga terdapa bunga raflesia atau bunga bangkai, bunga paling besar di dunia dengan aroma busuk yang keluar saat bunga mekar.

Untuk informasi selengkapnya baca: Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Pangandaran

Yang tidak kalah menari adalah, di dalam Taman Wisata Alam Pangandaran terdapat suatu goa alam yang mengeluarkan air, di tempat inilah nyai Rengganis yang mempunyai hubungan dengan kerajaan Galuh pakuan menjadikanya tempat bermandi. Atas dasar itu, goa tersebut di kasih nama goa Nyai Rengganis dan sampai saat ini masih ramai dikunjingi orang. 

Selain airnya yang segar, konon setelah diteliti oleh para ahli, air yang keluar dari goa ini ternyata mempunyai zat yang apabila dibasuhkan kemuka dapat mengencangkan pori-pori kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya keriput atau penuaan dini. Mungkin atas dasar inilah hingga saat ini berkembang mitos di masyarakat. 

Salah satunya adalah mitos akan awet muda ketika rajin membasuh muka dengan menggunakan air yang keluar dari goa Nyi Rengganis. Bahkan sebagian orang yang datang kesini mempunyai maksud untuk melakukan berbagai ritual dengan maksud tertentu.

Posisi Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandaran yang berbentuk pulau dengan dikililingi oleh pantai melengkapi kesempurnaan tempat ini sebagi salah satu tempat tujuan wisata di Pangandaran. Baca juga : Beberapa lokasi wisata di Pangandaran















0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts